Thursday 15 May 2014

Tutorial Agar Tulisan di Blog Kita Tidak Bisa Di Copy Paste

Berbicara soal copy paste, tentu banyak pendapat yang beredar di pasaran. Ada yang bete karena tulisannya di copy paste tanpa izin, bahkan tidak mencantumkan sumber sama sekali. Apalagi kalau tulisan itu benar-benar ditulis dengan penuh perjuangan. Saya pun akan sangat merasa jengkel kalau hal itu terjadi pada tulisan-tulisan saya, karena menurut saya menulis bukan hal yang gampang, terutama bila menulis yang bukan bentuk curhatan hehehe

Oh ya guys, tulisan saya kali ini adalah tentang bagaimana cara agar tulisan yang kita tulis di blog kita tidak bisa di copy paste oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Saya pun berani membuat tutorial ini karena saya sendiri baru berhasil mempraktekkannya secara otodidak. Puas saya mencari tahu bagaimana caranya, dan tebak, banyak artikel yang saya baca tidak memberikan cara yang gamblang, sehingga akhirnya sayapun ga mudeng hehehe

Banyak artikel yang saya baca dan hanya sebatas tulisan singkat. saya sempat berpikir, ini akan sangat membingungkan bagi orang awam untuk mempelajarinya secara gampang, sehingga akhirnya saya memutuskan untuk membuat tutorialnya, tapi khusus pengguna blogspot. Tutorial yang tidak hanya sebatas tulisan, melainkan juga panduan berupa gambar sehingga akan lebih memudahkan orang awam seperti saya untuk mempelajari dan mempraktekkannya secara langsung. Jadi ga usah pake lama kita langsung ke TKP hehehe

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Login dulu ke blog anda, kemudian masuk ke dashbord
2. Setelah itu pilih template



3. Lalu, setelah anda meng-klik template akan muncul tampilan seperti dibawah ini. lalu pilih menu edit HTML


4. Berikutnya muncul tampilan seperti ini. Ada kolom dengan banyak kode di dalamnya. 


5. Selanjutnya, carilah kode HEAD, dan untuk mempermudah mencarinya silahkan tekan Control + F di keyboard anda. Secara otomatis akan muncul tampilan dibawah ini. Ada beberapa tulisan head yang terblok dengan warna kuning dan orange.



6. Langkah selanjutnya adalah memasukan kode ke dalam kolom tersebut tepat dibawah tulisan </head> berwarna kuning yang paling bawah. kode itu adalah :

<SCRIPT type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</SCRIPT>

Setelah anda memasukkan kode itu, maka tampilannya akan berubah menjadi seperti berikut ini.Kemudian klik simpan template. jadi deh...... Anda tinggal cek blog anda dan tinggal di coba apakah bisa di copy paste atau tidak? kalau tidak bisa berarti langkah-langkah yang anda lakukan sudah benar semua. Selamat mencoba......







No comments:

Cara Cek Menu Catatan di Facebook Versi Terbaru 2020

Halo semuanya apakabar? Lama ya tak jumpa. Oh ya, kali ini Rey akan berbagi pengalaman dengan kalian mengenai kejadian yang baru saja Rey al...