Tuesday, 22 March 2016

Latih Penglihatan dan Pendengaran Anak Dengan Aplikasi Ini

Indera pendengaran bayi mulai dibentuk saat bayi masih berada dalam kandungan. Lebih tepatnya di usia kandungan yang ke 8 minggu. Dan antara 8 sampai dengan 24 minggu adalah proses pembentukan indera pendengarannya. Kemudian pada saat usia janin sudah 25 minggu, dia sudah bisa mendengar suara-suara di sekitarnya, termasuk suara orang tuanya. Maka pada saat kandungan berusia 25 minggu inilah waktu yang tepat bagi orang tua untuk terus berkomunikasi dengan janinnya meskipun masih satu arah. Berbicara dengan janin atau bernyanyi untuk janin, akan menjadikan sebuah momen yang menyenangkan saat menjalani kehamilan. Begitupun dengan janin, dia akan merasa senang dan damai jika mendengar suara-suara lembut dari orang tuanya, dan tentunya ini akan sangat baik bagi perkembangannya bukan? terlebih sangat bagus untuk melatih pendengarannya.
 
Kesalahan dalam memulai waktu yang tepat dalam berkomunikasi dengan janin inilah yang mungkin membuat sebagian anak yang lahir kurang bisa merespon suara disekelilingnya dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan atau memang kesibukan dari orang tua yang membuat tidak ada waktu banyak untuk berkomunikasi dengan janinnya. Namun jangan salah, kesalahan seperti inilah yang bisa berdampak kurang baik lo untuk perkembangan pendengarannya. Bila pendengarannya saja kurang baik bagaimana ia bisa berbicara dengan baik, karena lewat pendengaranlah si anak mengerti untuk mengucapkan. Sebagai contoh, tetangga saya sendiri. Hari-harinya terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk berkomunikasi dengan anaknya. Alhasil, hingga detik ini si anak belum bisa berbicara dengan baik.
 
Namun bila kebetulan anak anda seperti anak tetangga saya jangan merasa kecil hati. Masih ada banyak cara untuk melatih anak agar bisa berbicara dengan baik. Toh saat ini jaman sudah serba canggih. Bila tak ada waktu untuk membeli berbagai permainan di pasar karena terlalu sibuk dengan kerjaan, anda bisa mencoba salah satu aplikasi yang akan saya perkenalkan berikut ini.
Aplikasi bermanfaat kali ini yang akan saya bahas adalah aplikasi android yang bisa anda gunakan untuk menstimulasi indra penglihatan dan pendengaran anak. Sebut saja nama aplikasi ini adalah "Suara Hewan". Sebuah aplikasi yang termasuk dalam kategori aplikasi pendidikan ini kapasitasnya 19.85 MB. Di aplikasi ini, selain kita bisa melatih pendengaran, kita juga bisa melatih bahasa Indonesia, bahasa Inggris atau bahkan bahasa lainnya yang kebetulan ada di menu pilihannya. Namun memang bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris dan disertakan dengan bahasa terjemahan sesuai dengan yang kita pilih.

Sangat menyenangkan mencoba aplikasi ini. Yang terlintas dalam pikiran saya adalah ponakan saya yang lucu-lucu. Pasti seru kali menggunakan aplikasi ini sembari bermain dan belajar bersama mereka. Aplikasi seperti ini adalah aplikasi pendidikan yang memang bisa membantu anak-anak untuk mempelajari hewan berikut suaranya. Jadi anak-anak benar-benar bisa bermain sambil belajar. Untuk menggunakan aplikasi ini, hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mendownloadnya di pasar aplikasi seperti Mobomarket. Selanjutnya kalian bisa memainkannya.
 
 
Bukalah aplikasinya, maka akan muncul tampilan seperti berikut. Tampak gambar pertama pada bagian bawah adalah gambar kumpulan ayam. Tertulis juga disitu Chicken: Ayam (Bila kalian menggunakan aplikasi ini, maka ketika gambar ayam di klik akan terdengar suara ayam dan ada suara narator yang mengucapkan kata Chicken). Kalian bisa menggeser gambarnya bila ingin mendengarkan suara hewan lainnya. Bisa juga menganti bahasa terjemahan ke pilihab bahasa lainnya cukup dengan mengklik gambar bendera yang ada di kiri atas, maka otomatis akan terganti.


Selain itu, kalian juga bisa bermain tebak-tebakan suara hewan dengan menggunakan aplikasi ini. Caranya kalian cukup meng-klik gambar stik game (seperti stik play station). Nanti akan tampil 4 gambar dengan satu suara. Dari suara itu kalian harus menebak mana gambar yang tepat. Bila salah, akan muncul tampilan panda dengan tanda silang. Bila benar akan muncul panda dengan membawa tanda benar. Pokoknya seru sekali.


 

Yang jelas, aplikasi permainan seperti ini sangat cocok untuk belajar. Baik itu untuk anak kita, adik, ponakan, anak teman dan tetangga atau orang yang kita sayangi lainnya. Sangat gampang mendapatkannya, sangat mudah memainkannnya dan yang terpenting sangat besar manfaatnya. Yuk mencoba aplikasi ini dengan hanya mendownloadnya di pasar aplikasi. Namun kalau ga ingin ribet, langsung saja menndownloadnya di Mobomarket. Selamat Mencoba....
  
 
Post a Comment

Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Rambut Kusam Dengan Emeron Complete Hair Care

Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja,  tentunya rutinitas setiap hari seperti tiada habisnya. Setelah pulang bekerja aku masih harus bere...