Tuesday, 9 February 2016

Reuni Ama TTS Di Era Smartphone dan Android

Seperti yang kita ketahui TTS adalah singkatan dari Teka Teki Silang. Sebuah permainan kata-kata yang menarik dan penuh tantangan. Permainan yang satu ini adalah permainan dimana kita harus mengisi kolom-kolom kosong baik secara horizontal atau vertikal. Dan tiap kolom ini biasanya memiliki nomor dengan petunjuk pertanyaan yang mengikutinya. Jadi tiap akan mengisi kolom kosong tersebut kalian tinggal membaca pertanyaannya saja.

Secara umum TTS biasanya berupa huruf namun ada juga jenis TTS yang berupa angka. Namun yang menjadi favorit kebanyakan pecinta TTS adalah yang berupa huruf. Selain dapat mengasah otak, TTS jenis huruf juga bisa menambah wawasan karena tiap jawabannya terkadang tidak kita ketahui sama sekali.

Sejarah TTS sendiri bermula pada tanggal 2 Desember 1913, dimana Arthur Wynne menerbitkan TTS dalam majalah New Yorl World dengan format yang telah kita kenal selama ini. Teka-teki ini disinyalit ketika itu bisa dilihat di situs web Crossword Tournamen atau sering disebut sebagai TTS pertama dan Wynne sebagai penemunya.

Selanjutnya TTS kemudian menjadi fitur mingguan di majalah tersebut dan buku kumpulan TTS pertama terbit pada tahun 1924 dan diterbitkan oleh Simon and Schuster. Buku kumpulan TTS ini terbukti laris dan menjadi salah satu benda terpopuler pada tahun 1924. Keren banget kan?

Untuk di Indonesia sendiri, kabarnya TTS terbit pertama pada tahun 1970-an di Jakarta dengan nama "Asah Otak", sebuah majalah TTS dan berbagai teka-teki lainnya. Dan penerbitan ini ternyata sukses dan selanjutnya banyak penerbit yang juga menerbitkan TTS.

Masih ingat sekali, TTS sangat populer ketika saya masih SMA. Saya rela selalu menabung untuk bisa membeli buku kumpulan TTS ini. Bahkan sangking populernya, tak jarang saya dan teman-teman berlomba untuk memecahkan semua teka-tekinya. Tak ada imbalan hadiah memang bagi siapa yang bisa memenangkan lomba, namun gengsi ketika menang itu yang menjadi incaran hehehe Kesannya jadi kayak pinter banget kalau bisa menang xixixixi

Sering juga, ketika waktu luang di sekolah saya dan teman-teman saling bertanya ketika tidak menemukan jawaban. Justru disitu letak keseruannya karena jadi bisa lebih intent mengobrol dengan teman-teman. Itu dulu, sekarang TTS dapat diperoleh dengan sangat mudah. Tak harus bercapek-capek membeli bukunya karena saya sudah bisa menikmati versi aplikasinya di Mobomarket. Saya cukup mendowload dan menginstalnya. Setelah itu saya langsung bisa menggunakannya.

Menyenangkan sekali karena sekarang saya bisa menikmati salah satu permainan yang sempat populer di jaman saya masih sekolah. Dan bisa jadi, TTS juga merupakan permainan yang dulu kalian suka kan? so tunggu apalagi, langsung saja download di Mobomarket ya? karena kapasitasnya juga ga bikin kuota kalian jebol alias cuma 1,38MB saja. Selamat mencoba....



Post a Comment

Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Rambut Kusam Dengan Emeron Complete Hair Care

Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja,  tentunya rutinitas setiap hari seperti tiada habisnya. Setelah pulang bekerja aku masih harus bere...