Monday, 22 February 2016

Main Ular Tangga Di Android Kenapa Tidak


Saya yakin kalian pasti tahu permainan ular tangga bukan? Ternyata permainan ini adalah permainan yang sudah ada sejak jaman dahulu lo! Permainan ini pun pernah saya mainkan ketika masih kecil. Bermain ular tangga ketika saya kecil memang sangat menyenangkan. Bertanding bersama teman-teman itu sangat seru sekali. Apalagi kalau sampai membawa nama kampung dan kelas, bisa tambah seru lagi dan lebih bergengsi hehehe Dulu untuk memiliki permainan ini, kami sering membelinya di mamang robet yang menjual beraneka ragam permainan dan jajanan. Kalaupun tidak ada, pasti harus membelinya terlebih dahulu di warung khusus dan pasar. Beruntung dulu saya memilikinya, ceritanya hasil dari bongkar tabungan hehehe alhasil bisa bermain kapan pun tanpa harus nebeng ke teman.

Permainan yang bisa kita mainkan bersama keluarga maupun teman-teman ini adalah permainan sederhana yang ditemukan dan dimainkan oleh Orang orang India Sejak abad 2SM. Namun ketika itu, permainan Di India populer dengan nama Moksha Patamu dan ditemukan oleh Guru spiritual hindu. Permainan ini awalanya di duga sebagai alat peraga para pendeta hindu untuk mendidik warganya mengenai Karma dan Kama (Takdir dan Keinginan) dengan Pembelajaran Efek dari perbuatan baik melawan perbuatan buruk. Dalam permainan ini Tangga mewakili Kebaikan seperti kemurahan hati, iman, dan kerendahan hati. Sedangkan Ular mewakili Keburukan dan Kejahatan seperti nafsu , kemarahan, pembunuhan, dan Pencurian
 
Pelajaran moral dari permainan ini adalah Moksha, yaitu seseorang dapat mencapai keselamatan melalui berbuat baik. Sementara dengan melakukan yang jahat akan mewarisi kelahiran kembali ke bentuk kehidupan yang rendah. Jumlah tangga kurang dari jumlah ular sebagai pengingat bahwa jalan yang baik adalah jauh lebih sulit untuk melangkah dari jalan yang buruk. Banyaknya angka pada Ular Tangga adalah "100" diwakili Moksha (keselamatan). 
Nama lain dari permainan Ular Tangga adalah "Tangga Menuju Keselamatan" yang kemudian dibawa ke Victoria Inggris dan dibuat versi terbarunya oleh John Jacques pada tahun 1892. Selanjutnya di tahun 1943 permainan ini masuk ke Amerika oleh seorang pembuat mainan bernama Milton Bradley yang lalu diberi nama "Snakes and Ladder" yang artinya "Ular Tangga". Setelah ini, permainan ini pun populer dan disebut sebagai permainan "Ular Tangga".

Secara garis besar, Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Namun orang dewasa pun boleh kok kalau ingin memainkannya. Buktinya saya, meski sudah dewasa gini masih suka memainkannya.  Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. 

Tidak ada aturan khusus dalam memainkan permainan ini. Diawal kalian cukup memilih bidak mana yang ingin kalian mainkan. Kemudian siapa yang mulai duluan cukup mengocok dadu yang sudah ada. Setelah keluar angkanya, kalian cukup jalan. Misal, keluar angka 6 maka kalian jalan 6 langkah ke depan. Begitu seterusnya secara bergantian. Bila nanti ketemu tangga yang naik, kalau ketemu ular yang turun. 

Ada beberapa versi dalam memainkan permainan ini. Pertama ada yang bergantian tiap satu kocokan, aturan seperti ini saya temukan ketika memainkan permainan ini dalam versi android. Namun ada juga yang bila mendapat angka enam bisa mengocok sekali lagi. Nah, kalau aturan yang ini adalah aturan main ketika saya masih kecil dulu, jadi seneng banget kalau dapat angka 6 bisa coba kocok terus dan bisa cepat menangnya hehehe

Apa kalian pernah memainkan permainan ini? kalau pernah berarti masa kecil kalian menyenangkan. Kalau belum, maka kalian kudu coba permainan ini.


Post a Comment

Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Rambut Kusam Dengan Emeron Complete Hair Care

Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja,  tentunya rutinitas setiap hari seperti tiada habisnya. Setelah pulang bekerja aku masih harus bere...