Wednesday, 27 January 2016

MIrc VS Irc

Di era akhir 90an dan awal 2000an adalah masa dimana saya lagi asyik-asyiknya sama dunia internet. Masih ingat banget kalau saat itu friendster lagi naik daun. Ditambah lagi ada yahoo massenger dan Mirc. Ketika fasilitas chat ini sering sekali saya gunakan untuk hiburan atau berkenalan dengan banyak orang. Dari kesemuanya yang paling mungkin jarang diketahui oleh anak jaman sekarang adalah mirc. Oleh karena itu kayaknya seru aja berbagi pengalaman. 

Perkenalan.
Mereka yang menapak masa remajanya di awal tahun 2000-an memang tidak menikmati internet semeriah sekarang ini, di mana sangat banyak sekali layanan yang tersedia dan koneksi pun kencang. Tetapi mungkin justru itulah yang menjadi nostalgia menyenangkan. - See more at: http://pustakaberita.com/mengenang-media-sosial-pada-akhir-tahun-1990-dan-awal-tahun-2000an/#sthash.DwNLX683.dpuf
Mereka yang menapak masa remajanya di awal tahun 2000-an memang tidak menikmati internet semeriah sekarang ini, di mana sangat banyak sekali layanan yang tersedia dan koneksi pun kencang. Tetapi mungkin justru itulah yang menjadi nostalgia menyenangkan. - See more at: http://pustakaberita.com/mengenang-media-sosial-pada-akhir-tahun-1990-dan-awal-tahun-2000an/#sthash.DwNLX683.dpuf
Mereka yang menapak masa remajanya di awal tahun 2000-an memang tidak menikmati internet semeriah sekarang ini, di mana sangat banyak sekali layanan yang tersedia dan koneksi pun kencang. Tetapi mungkin justru itulah yang menjadi nostalgia menyenangkan. - See more at: http://pustakaberita.com/mengenang-media-sosial-pada-akhir-tahun-1990-dan-awal-tahun-2000an/#sthash.DwNLX683.dpuf
Mereka yang menapak masa remajanya di awal tahun 2000-an memang tidak menikmati internet semeriah sekarang ini, di mana sangat banyak sekali layanan yang tersedia dan koneksi pun kencang. Tetapi mungkin justru itulah yang menjadi nostalgia menyenangkan. - See more at: http://pustakaberita.com/mengenang-media-sosial-pada-akhir-tahun-1990-dan-awal-tahun-2000an/#sthash.DwNLX683.dpuf
Buat kalian yang menapaki masa remaja di era ini pasti tau soal Mirc. Memang sih jaman itu tidak seheboh sekarang, tapi dijamin seru banget kalau jaman dulu. Dan yang terpenting, seingat saya koneksi dulu itu lancar dan tidak separah saat ini hehehe Oh ya, Mirc itu merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi Windows. Dulu semua warnet pasti deh rame ama member mirc xixixxi.

Mirc sendiri diciptakan pada tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey, lebih dikenal sebagai fasilitas chatting antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia. Dan setau saya, mirc memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting dan masuk dalam daftar "10 aplikasi internet terbaik" pada tahun 2003. Itulah kenapa saat itu ramai sekali yang menggunakan. Habisnya asyik dan seru. Apalagi pas bisa chat dengan member dari luar negeri, jadi bisa sekalian mengasah bahasa Inggris dll hehehe

Seingat saya, ada beberapa kelebihan dari mirc
1. Download programnya gampang banget, tinggal klik jadi deh. Pokoknya ga ribet. Ga harus pakai email, ga harus buat akun dan ga harus pakai foto. Cukup memasukan nama (nickname) dan itu pun bisa dirubah sesuka hati, kapanpun kita mau. Dijaman itu, kebanyakan sih pakai nama alay bin lebay. Ada juga yang jijai xixixix Termasuk nick saya juga lebay banget dah waktu itu heheehe. Suer deh, kalau inget nick sendiri bawaannya pingin ngakak wkwwkwkwk 
2. Ngobrol di mIRC itu ga cuma sekedar private tapi juga bisa ramai-ramai di room (atau yang lebih dikenal dengan sebutan channel). Kebanyakan sih nama room-nya memakai nama kota atau nama warnet (soalnya dulu itu warnet memang jadi primadona). Selain itu, bisa juga janjian buat room sendiri dengan teman-teman yang sudah akrab. Pokoknya ga ribet karena bisa buka banyak jendela sekaligus. Dulu sich favorit saya untuk room luar negeri pasti masuk room negara Inggris atau Pakistan. Kalau dalam negeri senangnya join di room Jogja, Jakarta, Surabaya dan Bandung.
3. Salam pembuka yang menjadi ciri khas ketika seseorang ingin chatting di mirc adalah asl pls. Yang artinya, a = age, s = sex, l = location, pls = please. Tapi jangan langsung percaya, bisa dikatakan 90% pasti ngasih data ngawur hehehee (saya juga dulu ngawur hehehe kadang ngaku jadi cowok juga padahal aslinya cewek xixixi)
4. Curhat juga sering terjadi di mirc. Bahkan sampe ada yang terbantu ketika kesusahan dan dapet jodoh juga wkwkwkwwk pokoknya pas nemu orang yang baik semua pasti asyik deh. Kalau pas nemu room yang membernya pikirannya mesum ya bahasanya pasti menjurus semua hahahaha
5. Di mirc kita bisa menyimpan data log percakapan di channel dan query. Juga bisa add teman-teman yang ingin selalu kita pantau, jadi kapan pun kita online bisa cek teman kita yang sedang online siapa saja. Selain itu, ada juga pilihan format tulisan, warna teks, emoticon dan sebagainya. Fasilitas ini bisa menambah keseruan ketika chatting.
6. Bisa tukeran photo dan juga live video dengan teman chatting. Pokoknya jaman ini sangat menyenangkan sekali. Terkadang pingin deh kembali ke jaman ini lagi.

Itu dia beberapa kelebihan mirc yang masih sangat saya ingat. Dan baru-baru ini saya nemu aplikasi yang mirip. Masih belum jelas sich apa ini mirc versi android atau gimana. Yang jelas saya sudah mencobanya di andorid saya. Namanya "AndroIRC". Saya mengetahui aplikasi ini dari seorang teman dan mendownloadnya di pasar aplikasi. Ada beberapa channel yang terlihat disana yakni freenode (EN), EpiKnet (FR), QuakeNet (EN), UnderNet (EN), KottNet (EN). 

Awal join saya gabung ke QuakeNet (EN). Nanti akan ada pemberitahuan kalau kita sudah join. Dimana akan nongol nick kalian berikut nomor ip deh kayaknya. Soalnya, gini tulisannya ada androirc@36.69.58.189. Habis itu kalian bisa pilih mo chat atau query denga member lain dengan mengklik menu yang ada di pojok kanan atas. Kalian juga bisa ganti nama nich sesuak hati. Tapi memang jauh sich dengan fasilitas mirc yang dulu saya nikmati. dan sepertinya aplikasi ini sich belum booming tapi bisa jadi nanti booming juga. Dan kalau sudah booming pasti deh fasilitasnya bakal dilengkapi lagi. 


Post a Comment

Xiaomi Redmi 2 mentok di Logo (Bootlop)

Hai semuanya... Fairy balik lagi nih, mumpung lagi punya waktu luang jadi dimanfaatkan buat posting tulisan deh. Kebetulan fairy juga Baru ...