Wednesday, 27 January 2016

Tips Jitu Menghemat Daya Baterry Ponsel Android

Saat ini banyak sekali orang yang menggunakan android sebagai handphone andalan mereka. Namun, kekurangan ponsel android yang seringkali ditemui adalah besarnya kapasitas ram yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi yang mereka gunakan. Hingga tak heran kalau banyak para penguna smartphone android yang mengeluh ketika seringkali menjumpai ponsel mereka berjalan sangat lambat dikarenakan kapasitas ram mereka yang juga kecil.

Belum lagi, ditambah dengan rutinitas menelepon, hem tentu saja ini membuat para pengguna kadang ketar-ketir karena takut batere cepat low. Dan kalau sudah low pasti deh mengganggu aktifitas harian.
Nah untuk menjawab permasalahan ini, saya punya beberapa  tips bagus yang bisa kalian terapkan langsung. Tips ini seringkali saya gunakan.

1Uninstal Aplikasi
Ini langkah awal yang pas untuk menghemat batere kalian. Karena aplikasi yang kapasitasnya besar tapi jarang kalian gunakan akan memakan ram atau memori. Jadi kalau memang tidak begitu perlu mending di uninstal saja, toh juga bisa menghemat kuota. Dengan begitu, ruang penyimpanan ponsel kalian akan menjadi lebih lapang dan membuat kinerja ponsel kalian menjadi semakin ringan dan cepat.

2. Cahaya
Di ponsel khususnya android dan smartphone biasanya ada pengaturan untuk pencahayaan pada layar handphone. Fasilitas ini bisa kamu manfaatkan untuk menghemat batere kalian. Semakin cerah ya semakin menguras daya batere hehehe jadi tinggal atur saja ya....

3. File Sampah
Cache dan file-file sampah hasil penjelajahan saban hari yang menumpuk di smartphone ternyata juga dapat memberatkan kinerja smartphone dan membuat pemakaian baterai menjadi lebih boros lo! Jadi untuk mengatasi hal ini, maka sering-seringlah menghapus cache ini. Bisa dengan fasilitas bawaan hp atau kalian bisa menggunakan aplikasi tambahan.

4. Aplikasi Tambahan
Ada banyak aplikasi yang menawarkan fasilitas untuk menghemat batere. Dan yang saat ini saya gunakan adalah Du Baterry Saver. Karena selain bisa menghemat batere, aplikasi ini juga ada fitur coolernya. Pokoknya dengan aplikasi ini bisa kalian atur sendiri. Fitur ini sangat bagus untuk menghemat dan mengoptimalkan daya baterai kita. Misal dari yang seharusnya hanya cukup untuk 1 jam, dengan fitur ini, cukup dengan mengklik optimalkan maka baterai akan bertahan lebih dari 1 jam.

5. Home screen
Terkadang ada tipe orang yang suka kalau homescreen atau widgetnya rame. Ditambah lagi ada juga yang senang kalau theme atau wallpapernya hidup dan bergerak. Padahal mereka tidak sadar kalau itu bisa membuat batere boros. Dan untuk kalian yang ingin irit, sebaiknya buatlah tampilan widget yang simple dan gunakanlah theme atau wallpaper yang simple juga.


6. Matikan Koneksi Data,
Ketika tidur usahakan untuk tidak terlupa mematikan koneksi Wifi dan Bluetooth. Atau bisa juga ketika sedang tidak digunakan mending dimatikan saja. Intinya hidupkan jika diperlukan dan matikan saat tidak digunakan. Dengan begitu batere akan lebih irit.


Demikian beberapa tips yang bisa saya kasih untuk kalian. Sebenarnya masih banyak yang lain, namun ini yang sering saya lakukan setiap hari. Selamat mencoba.

#ANDROID #IRIT #BATERRY #SMARTPHONE 





Post a Comment

Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Rambut Kusam Dengan Emeron Complete Hair Care

Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja,  tentunya rutinitas setiap hari seperti tiada habisnya. Setelah pulang bekerja aku masih harus bere...