Monday 14 September 2015

Betapa Hebohnya Web Ini

Akhir-akhir ini saya dikagetkan dengan thead mengenai salah satu web manakala iseng mampir ke salah satu forum. Karena penasaran akhirnya saya pun iseng mengunjungi link dari web tersebut untuk memastikan atau melihat sendiri apakah yang dijadikan bahan perdebatan itu benar adanya atau hanya sebuah isu belaka. Web tersebut bernama cliponyu.

Awalnya sempat bingung juga karena memang banyak sekali host yang terpajang disana, baik yang sedang airing atau tidak. Namun setelah sekian lama saya jajaki, saya rasa forum tersebut tidak sepenuhnya benar dalam mengartikan setiap tampilan yang ada. Tidak adil rasanya ketika member forum tersebut bahkan ada yang menyamakan web tersebut dengan web berbau xxx atau sumpah serapah lainnya hanya gara-gara web tersebut memasang iklan di forum tersebut. Padahal setelah saya pelajari forum tersebut cukup sering bekerjasama dengan web tersebut.

Saya jadi teringat sebuah pepatah bijak mengatakan "Don't judge a book by its cover" atau "jangan menilai sebuah buku berdasarkan sampulnya". Dari web ini saya bisa mengambil hikmahnya, bahwa ternyata disadari ataupun tidak sering kali kita dengan cepat meremehkan atau mengambil kesimpulan hanya dengan melihat tampilan luar dari sebuah web. Padahal kita belum tahu dan belum kenal benar mengenai seperti apa web tersebut. Atau dengan kata lain, member forum tersebut hanya tidak setuju dengan iklan web yang menggangu namun malah merembet ke hal lainnya. Dan gong dari semuanya adalah iklan dari web tersebut akhirnya hilang dari peredaran forum.

Menurut saya, sikap yang terlalu cepat menilai tersebut adalah kurang bijaksana, apalagi setau saya forum tersebut adalah forum besar dengan member yang setahu saya dulu pun juga sangat keren. Alangkah baiknya bila melihat atau menilai sesuatu itu hendaknya dengan kacamata atau pandangan yang utuh, adil serta menyeluruh. Jika kita tidak pintar memilah dan memilih, maka niscaya kita akan terjebak kedalam perangkap pandangan atau pemikiran yang sesat, sehingga pada akhirnya malah membuat penilaian yang salah.

Memang saya akui tidak semua host yang sesuai harapan saya. Apalagi backgroud saya adalah seorang broadcaster. Namun web ini tidak seperti yang diperdebatkan, malah saya sering mampir melihat host yang airing. Mereka cukup menghibur dengan guyonan, tingkah dan lagu yang mereka nyanyikan. Jangankan untuk bertingkah aneh, member yang berkata tak baik saja bisa langsung di tendang oleh adminnya. Selain itu, saya juga sempat ngobrol dengan salah satu host, menurut mereka disana aturannya cukup ketat. Salah-salah mereka bisa kena sanksi.

Saya sendiri bingung kenapa web ini jadi sangat heboh, padahal tidak ada paksaan untuk melakukan top up dan lain sebagainya. Toh, web seperti ini bukan satu-satunya di dunia. Bahkan ada juga aplikasi diluar sana yang mengusung tema hampir mirip. Tetapi semua kembali ke diri masing-masing, karena setiap orang bisa saja berbeda dalam menilai karena memiliki sudut pandang yang berbeda juga.

Apa yang saya pelajari dari kehebohan thread di salah satu forum tersebut tentu saja bisa menjadi pembelajaran tersendiri, bahwa sekali lagi jangan sampai sekalipun menilai sesuatu hanya dengan sekilas mata, karena dengan begitu kita tidak akan tahu apa makna tersembunyi di dalamnya. Kalau kita menilai kemampuan seseorang hanya sekilas melihat penampilan luarnya saja, bisa jadi kita tidak sempat dan mungkin akan kehilangan kesempatan untuk belajar banyak tentang hidup dan kehidupan dari orang yang kita nilai tersebut.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Buku yang kita baca akan selalu memberi cahaya-cahaya baru.
Membawa kita menjelajah tempat dan waktu kapanpun kita mau, juga memberi kita ilmu dan wawasan tak terkira.
Selain itu, buku juga berbagi banyak hal pada kita, seperti cerita cinta yang indahnya bagai lengkung pelangi.
Dan menurutku, Sebuah kamar tanpa buku bagaikan tubuh tanpa jiwa.


No comments:

Cara Cek Menu Catatan di Facebook Versi Terbaru 2020

Halo semuanya apakabar? Lama ya tak jumpa. Oh ya, kali ini Rey akan berbagi pengalaman dengan kalian mengenai kejadian yang baru saja Rey al...