Wednesday, 2 July 2014

Renungan Nurani Peduli 5




Hendaklah kalian berlaku jujur, karena kejujuran itu menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan menunjukkan jalan menuju surga" (HR Bukhari) 

Demikian hadist riwayat Bukhari Muslim menyebutkan tentang kejujuran saudarku. Ya kejujuran adalah sebuah sikap yang sejatinya menunjukkan jari diri seseorang yang sebenarnya. Itulah mengapa, orang yang terbiasa jujur akan terlihat aura di dirinya yang begitu bersinar sehingga senantiasa ia memiliki moral yang baik.

Jujur jika diartikan secara baku adalah "mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran". Dalam praktek dan penerapannya, secara hukum tingkat kejujuran seseorang biasanya dinilai dari ketepatan pengakuan atau apa yang dibicarakan seseorang dengan kebenaran dan kenyataan yang terjadi. 


Bila berpatokan pada arti kata yang baku dan harafiah maka jika seseorang berkata tidak sesuai dengan kebenaran dan kenyataan atau tidak mengakui suatu hal sesuai yang sebenarnya, orang tersebut sudah dapat dianggap atau dinilai tidak jujur, menipu, mungkir, berbohong, munafik atau lainnya.


Oleh karena itu tak ada salahnya memilih untuk menjadi orang yang jujur. Menjadi orang yang jujur itu hidupnya selalu tenang karena tidak perna dihantui oleh kesalahan atau dosa-dosa yang telah diperbuat. Jadi jangan ragu untuk menjadi pribadi yang jujur saudaraku. 




Renungan Bersama 5

Kejujuran berpengertian mau dan berani mengatakn keadaan sebenarnya 
Tanpa tedeng aling-aling
Gengsi atau harga diripun kadang dipertaruhkan 
Untuk menjaga kehakikian dari kejujuran tersebut
Maka kita harus sadar akan korelasinya dengan seorang bergelar pemberani sejati
Apalagi masih dirimbuni dengan keimanan
Nan tiada mungkin terpungkiri keberadaannya
By Koh Hwat


Post a Comment

Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Rambut Kusam Dengan Emeron Complete Hair Care

Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja,  tentunya rutinitas setiap hari seperti tiada habisnya. Setelah pulang bekerja aku masih harus bere...