Thursday 9 June 2016

Peluang Menulis Artikel Berbayar

"Sedikit Demi Sedikit Lama-lama Menjadi Bukit". Rasanya kalimat ini pas sekali dengan kegiatan yang setahun lebih ini sudah saya tekuni. Kegiatannya simple sekali. Hanya menulis artikel dengan kapasitas antara 300 sd 500 kata saja dan bayaran pun saya terima. Artikelnya bukan sembarangan ya guys. Artikel ini adalah artikel yang memang di request oleh klien yang telah deal kerjasama dengan saya. 



Bentuk kerjasama menulis artikel ini ada dua macam. Pertama, menulis artikel lewat tema dan keyword yang diberikan oleh klien. Kerjasama seperti ini biasanya saya dapat dari website jual beli online barang seperti baju, tas, sepatu, barang elektronik dan lain sebagainya. Untuk menulis artikel kerjasama jenis ini, biasanya saya dikasih deadline maksimal 3 hari dari proses acc kontrak, pengiriman draft, revisi atau posting di blog. 

Setelah semua selesai, saya tinggal mengirimkan data diri. Data ini diperlukan untuk proses menstrasfer fee (bayaran) ke rekening bila masa penantian selesai. Biasanya sich dikirim dari 1 sd 1 bulan setelah artikel kita posting di blog.  Namun berdasarkan pengalaman biasanya bayaran saya terima sekitar 1 sd 2 minggu. Lumayan lah, ga terasa nanti udah dapat bayaran saja. Nominal 50rb keatas per artikel. Lumayan banget kan?

Selanjutnya ada kerjasama menulis artikel yang berbentuk aplikasi atau game. Kerjasama jenis ini biasanya saya dapatkan dengan menandatangani kontrak kerjasama dalam kurun waktu tertentu. Untuk mendapatkannya caranya memang tidak mudah. Harus mengajukan proposal atau bahkan sampai harus mengikuti kompetisinya terlebih dahulu untuk bisa mengejakannya. Rata-rata sich kalau acc saya dikontrak selama 1 bulan sd 1 tahun. Paling sering sich per bulan karena tidak semua aplikasi atau game yang update versi atau event.



Apa saja yang harus saya lakukan biasanya sudah tertulis di surat kontrak kerjasama dan sifatnya mengikat sehingga saya tidak boleh sembarangan. Salah-salah bisa kena pidana. Selama ini, ketika mendapat job seperti ini sich tak jauh-jauh dari aplikasi dan game. Jadi tugas saya adalah menjajal aplikasi dan membuat reviewnya di blog. Deadline biasanya 1 minggu untuk menjajal dan mereviewnya. Soal bayaran ga usah ditanya lagi, karena ini sifatnya resmi jadi per bulan pasti saya dapet. Alhamdulilah sesuatu banget....

Nah itu dia tadi sedikit curhat saya mengenai kegiatan freelance saya guys. Adalagi sich yang lainnya namun lagi off. Nanti kalau saya sudah aktif lagi bakal saya share juga kok. Siapa tahu ada yang berminat buat join juga menjadi seperti saya. 

Yang jelas, peluang untuk mendapatkan job seperti ini biasa di dapatkan darimana saja. Bisa dengan mengajukan langsung ke pihak yang ingin kita tuju atau bisa juga lewat event dari mulut ke mulut yang disampaikan oleh sesama blogger. Sebagai contoh peluang yang belum lama saya terima. Dapat info dari teman blogger. Iseng saya coba dan alhamdulillah langsung acc. Artikel saya posting dan bayaran sudah saya terima. Contoh artikel bisa kalian lihat di link INI

Buat yang ingin bertanya-tanya lebih lanjut bisa tinggalkan komentar. Bisa juga tinggalkan link blog kalian. Jadi kita bisa saling mengunjungi atau berbagi info. Selamat mencoba

 

No comments:

Cara Cek Menu Catatan di Facebook Versi Terbaru 2020

Halo semuanya apakabar? Lama ya tak jumpa. Oh ya, kali ini Rey akan berbagi pengalaman dengan kalian mengenai kejadian yang baru saja Rey al...