Wednesday, 7 January 2015

Tips Membangun Rumah Murah dan Cepat




Berbicara tentang membangun rumah, saya yakin semua pemilik rumah yang sedang atau ingin membangun rumahnya pasti menginginkan bisa membangun rumah dengan biaya murah dan dengan waktu pembangunan yang cepat. Apalagi disaat kondisi ekonomi seperti sekarang ini, yang sedikit tidak tentu. Membangun sebuah rumah yang ideal dengan biaya murah terkadang tampak hanya seperti sebuah impian. Namun saya yakin itu bukanlah hal yang mustahil, yang penting anda tahu atau mau mencari berbagai informasi terupdate yang dibutuhkan. Karena banyak diantara kita terkadang sedikit salah ketika mengambil keputusan. Salah satunya adalah dengan tergiur oleh promo perumahan dengan harga dan cicilan murah. Akhirnya menyesal setelahnya. Lantas, daripada salah dan menyesal dikemudian hari, kenapa anda tidak mencoba untuk merancang sendiri rumah yang anda inginkan. Paling tidak penyesalan tidak akan datang belakangan karena semua adalah keputusan anda sendiri.

Saat ini banyak pilihan yang bisa dijadikan referensi anda untuk membangun rumah impian yang sesuai dengan keinginan anda ( misal dari Rumah Gedung Design Rumah Minimalis atau dari Furniture Design ). Mulai dari yang bergaya minimalis, modern bahkan tradisional pun ada. Tinggal bagaimana selera anda saja. Dan kali ini saya akan mencoba memberikan tips membangun rumah dengan menggunakan bahan bata ringan atau lebih dikenal dengan sebutan Hebel, Celcon dll sebagai bahan pengganti untuk bata merah yang selama ini sering digunakan oleh kebanyakan orang. (artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman tetangga saya sendiri ketika membangun rumah mereka sendiri) dimana bata yang mereka gunakan adalah bata yang mereka buat sendiri. Dan dalam waktu singkat rumah mereka sudah berdiri dengan kokoh dan siap huni.

Sebenarnya banyak komponen lainnya yang bisa saya tulis, hanya saja kali ini saya sengaja terfokus pada dinding (yang menggunakan bahan bata ringan). Karena setelah mencoba untuk search, ada beberapa kelebihan dari bata ringan yang bisa saya simpulkan, yakni:

*Bata ringan kononnya memiliki sifat yang tahan terhadap api atau tidak mudah hancur terbakar dan tahan terhadap cuaca ekstrim, sehingga sangat cocok bagi anda yang tidak ingin pusing soal perubahan cuaca.


*Karena berbahan dasar semen, maka bata ringan tentu lebih bebas lumut, jamur, ngengat, dan pengeroposan. Berbeda dengan bata merah yang terbuat dari tanah liat. Dengan bata ringan anda tidak akan pusing melihat dinding anda cepat berlumut, yang tentunya membuat pemandangan rumah anda menjadi kurang bagus.

*Karena dimensi bata ringan terbilang berukuran besar, tentu dapat membuat bangunan lebih cepat selesai didirikan ketimbang ketika menggunakan bata merah yang ukurannya kecil. Jadi bisa lebih hemat waktu dan biaya (apalagi kalau ketika membangun anda menggunakan jasa tukang yang dibayar harian, tentu lebih irit dan uangnya bisa anda gunakan untuk kebutuhan lainnya). 

*Bata ringan juga kedap suara, sehingga cocok bagi rumah tinggal yang berlokasi di daerah perkotaan yang cenderung lebih bising. Ini sangat cocok bagi anda yang butuh ketenangan.  
 
*Permukaan bata ringan jauh lebih halus ketimbang bata merah sehingga terlihat lebih indah ketika anda belum sempat untuk memplesternya. Jadi kalaupun biaya sudah tidak ada, namun rumah anda tetap terlihat menarik.

 



Nah kira-kira itu beberapa kelebihan dari bata ringan yang bisa saya jadikan referensi untuk anda sebagai tips dalam membangun rumah yang murah dan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 
Post a Comment

Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Rambut Kusam Dengan Emeron Complete Hair Care

Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja,  tentunya rutinitas setiap hari seperti tiada habisnya. Setelah pulang bekerja aku masih harus bere...