Wednesday 7 October 2015

Lebih Praktis Membaca Al Qur'an Dengan Aplikasi ini

Semakin berkembangnya zaman menuntut seseorang untuk cerdas memanfaatkan waktu, karena perekonomian yang sulit mahu tak mahu membuat seseorang harus pandai memanfaatkan peluang yang ada untuk menghasilkan pundi-pundi uang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akibat kesibukan yang terlalu padat ini, kita sering terlupa untuk beribadah. Padahal beribadah membuat hati kita lebih tentram, sejuk dan lembut.

Seperti saya contohnya, setiap hari waktu saya banyak dihabiskan di kantor, sehingga bisa dikatakan jarang sekali bisa membaca Al-Qur'an. Sesampainya dirumah pun saya masih harus mengerjakan berbagai tugas sampingan demi menghidupi keluarga. Alhasil, jarang sekali ada waktu untuk membacanya. Paling hanya bisa sambil mendengarkannya lewat mp3 menjelang tidur malam. Karena itu yang membuat hati saya tentram.

Dikantor pun demikian. Hal ini dikarenakan terkadang tidak enak kalau ketika sedang tidak ada kerjaan, saya malah memegang Al-Qur'an dan membacanya. Mungkin lantaran tidak ingin dianggap riya oleh sesama teman kantor akhirnya membaca Al-Qur'an langsung dengan membuka kitab suci menjadi hal yang aneh bagi sebagian orang termasuk saya. Hal ini dikarenakan tidak semua karyawan di kantor saya yang beragama muslim.


Tapi itu adalah problem saya ketika belum menggunakan android. Sekarang membaca Al-Qur'an kan tidak harus lewat kitab sucinya. Saya bisa mendownloadnya di pasar aplikasi bernama Mobomarket. Dan yang terpenting, saya tidak merasa takut riya lagi. Toh kebanyakan orang pasti mengira saya tidak sedang membaca ayat Al-Qur'an hehehe melainkan sedang asyik di jejaring sosial. Jadi beribadah tetap bisa jalan.


Ya, Aplikasi yang saya pilih bernama Al Qur'an  dan terjemahannya. Mengapa saya memilih aplikasi ini? karena saya ingin sekalian bisa membaca artinya sekaligus. Sizenya pun hanya 2.85 MB sehingga sangat ringan dan tidak memakan banyak ram handphone saya. Ayat demi ayat pun disingkronkan dengan  audio pembacaan dari suara 7 orang Qori yakni Ahmed Al Ajmi, Ali Al Huthaify, Maher Muayqali, Mohammad Ayoub, Saad Al Ghamdi, Sheikh Sudais, dan Waheed Zafar Qasmi. 



Terjemahannya pun bisa untuk 27 bahasa di dunia meliputi bahasa: Albania, Bosnia, Bulgaria, Ceko, Cina, Jepang, Korea, Thailand, Inggris, Melayu, Finlandia, Indonesia, Francis, Jerman, Italia, Belanda, Norwegia, Polandia, Rumania, Maranao, Rusia, Somalia, Spanyol, Swedia, Transliterasi, turki, dan Urdu. Kita cukup memilih ingin di terjemahkan ke dalam bahasa apa.

Berikut saya tampilkan contohnya. Kebetulan saya masih menggunakan versi asli yakni yang nama ayat dan terjemahannya berbahasa Inggris. Namun di aplikasi ini kita bisa bebas mengatur ukuran huruf, warna, background dan sebagianya sesuai dengan keinginan kita.



Nah buat kalian yang juga ingin seperti saya, silahkan download aplikasinya di Mobomarket. Dan buat yang belum punya Mobomarket bisa download DISINI atau untuk lebih praktis kalian bisa download dengan cara scan kode QR di laman sebelah kanan blog ini. Selamat mencoba.

No comments:

Cara Cek Menu Catatan di Facebook Versi Terbaru 2020

Halo semuanya apakabar? Lama ya tak jumpa. Oh ya, kali ini Rey akan berbagi pengalaman dengan kalian mengenai kejadian yang baru saja Rey al...